Tutorial Membuat Wajan Bolik/Bollic TP-link TL-WN422G Penangkap/Penguat Sinyal WI-Fi

Berawal dari iseng bawa laptop diatas rumah siapa tau aja ada sinyal wi-fi nyasar,xixixi…🙂 alhasil muncul juga sinyal tapi parah banget ga bisa konek😦 . lalu saya berfikir bagaimana saya bisa mendapat sinyal yang bagus dan bertanya ama mbah google, ternyata ada juga solusinya. Dimasa sekarang kita sudah tau jaringan tanpa kabel yaitu Wireless, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005.. dan sekarang untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz.. dan apabila kos-kosan atau rumah kita dekat area hotspot kita hanya memerlukan salah satu perangkat keras diatas, kalau kos-kosan kita jauh gimana yah??,, sekarang kita membahas tentang cara membuat antena wajan bolic yang sekarang lagi naik daun. Antena wajan bolic bertujuan untuk memperhemat dana dari pada membeli antena grid atau yagi yang mahal,  disini saya akan membahas wajan bollic dengan TP-LINK TL-WN422g yang sudah saya buat dan uda di uji coba.kekeke.. langsung saja kita ke topik permasalahan yaitu :

  • Peralatan=Bor, Gergaji, Solder+Timah, isolasi Bakar, Penggaris.
  • Bahan=USB Wi-fi TP link TL-wn422g, Wajan, Pipa 3 dim, Dop(tu2p pipa paralon) 3 dim 2 pasang, Alumunium Foil, Mur dan Baut, Lem Castol, kabel UTP 15 m, Kabel USB.

Perlengkapan antena wajan

Nah sekarang kita mulai pembuatannya, pertama-tama wajan kita ukur lebar diameternya, setelah itu ukur kedalaman wajan.. kemudian kita hitung untuk mengetahui batas feeder pada pipa.

Rumus untuk feeder : F= D^2 / (16*d)

hitungan wajan saya:

 

Download Kalkulator Wajanbollic

pass rar: inunkzhollic

Parabolic dish dg D = 37 cm, d = 11,5 cm maka jarak titik focus dari center wajan
dish : F = D^2/(16*d) = 37^2 / (16*11,5) = 7,4 cm (ini batas yg tdk dilapisi alumunium foil).

Penting: hasil dari hitungan rumus tersebut tidak maksimal,jadi harus dilakukan tuning dahulu dengan mengurangi alumunium foil 1cm-hingga benar2 dapat signal yang fokus. hasil dari tuning wajan saya 8cm.

setelah tau batas feedernya kita buat lobang pada pipa paralon yang kita potong(30cm) tadi untuk penempatan usbnya dengan menggunakan rumus. lalu kita lapisi pipa dengan alumunium foil sampai batas feeder yang kita hitung diatas tadi, liat gambar ini :

Pipa Wajan

Posisi usb wi-fi

Nah..gampang bukan??hehe..🙂 eitzz…kelupaan antena bawaan tp-link ini ga saya pake, coz bgug penempatan antenanya selain itu hasinya ga bisa maksimal kalo ditaruh didalam pipa sinyalnya malah jelek/tambah ilank..haha dari berbagai eksperimen muncul ide untuk mengganti antena bawaan dengan kawat tembaga ukuran 0,5mm dengan lilitan 7 lilit  yang gue solder pada ujung konektor antena, ini juga ga kalah hebat ama antena aslinya loh… :)  liat gambar ini:

Tp-link tl-wn422g

ehm..kyknya uda cukup ni..tinggal kita rakit deh…tp jangan lupa diukur lagi batas feedernya dr dasar wajan, ini pengaruh banget ama sinyal yang kita dapet jadi hati2, dan jangan pernah menyerah dalam bereksperimen cuy..kegagalan adalah awal kesuksesan..hoho

Wajan Siap Tembak..Online…..hahaha

Wajan ku

Ketinggian berpengaruh pada sinyal yang kita dapat, semakin tinggi semakin baik. tapi awas ambruk kena angin..wkwkwk….🙂

Ne screenshot hasil  sinyal dari wajan saya :

Screenshoot signal Tp-Link

selesai deh.. Mudah bukan. .?? silahkan bertanya kalau ada yang ga jelas..😀

29 responses to “Tutorial Membuat Wajan Bolik/Bollic TP-link TL-WN422G Penangkap/Penguat Sinyal WI-Fi

  1. Saya kok gagal terus ya kalo bikin antena. sampai akhirnya pasrah kpd modem.
    heheh..🙂
    salam kenal mas.. artikelnya bermanfaat bagi org byk seperti saya ini yg suka gratisan.😀

    • ya sama suka gratisannya ni..hihi… saya jg dlu bgtu mas….kirain mudah bikin antena kaya gini, dulu gagal mulu…haha🙂
      tapi ga patah semangat buat utak atik ini wajan ampe pusink…money loss..sinyal loss….pusink loss…wkwkwk
      saya juga kurang puas dengan hasil saya ini..mungkin karena keterbatasan biaya juga, maklum anak kuliahan..hehe
      tapi bersukur saya bisa online gratis…..hidup gratis..🙂
      mas ajarin bikin blog yang bagus donk..??hehe

      • tuh udah bisa… hehhehe.. malah tulisannya lbh bagus daripada saya🙂
        gimana klo kita tukar antara antena dgn blog?? wkwkwkw…😀
        just kidding.. silahkan bertanya aja barangkali saya bs bantu.

      • haha..bisa aj si mas ini..xixixi….
        wah…klo bntu bkin oke mas..?haha
        iy ni mo tnya gmna sih agar postingan/tulisan kita biar ga dcopas ama orang??

  2. mampir aja ke situs: http://copyscape.com
    disana nunkz bs ngecek tulisan kita ada yang ngopas gak? terus bisa sekalian pasang widget copyscape ke blog. jadi tulisannya gak bisa dicopy.
    mengenai pembajakan emang susah kalo bicara internet. disini semua org pembajak merasa tidak berdosa ngambil tulisan orang lain. blogger manapun akan marah jika ini dibiarkan. ya kita pasrah aja. itung2 amal dan ada yg tertarik dgn tulisan kita. alias bikin fun aja. heheh… tp yg lbh parah jika tuh situs pembajak mengkomersilkan tulisan kita sedangkan kita tdk mendpt apa2.
    saya sempet nulis ttg itu dan ada beberapa teman2 blogger menanggapinya.
    http://dhaniarfito.wordpress.com/2011/03/02/bolehkah-saya-copas-tulisan/

    • Iya mau gmn lgi mas….emg g ad hkum copas..sush jg…hikz..hikz…
      mw tna lg blh g?bleh donk??hehe
      dsblah bawah postingan blognya mas kan ad menu FB,Tweet, tu gmn bkinnya ya??hehe

      • ooo…tombol share itu ta?
        masuk halaman admin >> Setting/pengaturan >> Sharing/bagikan >> Lihat menu dishare button >> pilih tombol widget yang diinginkan di available service lalu drag ke kolom enable service >> save changes

        klo mau tny lg silahkan. bs jg langsung ke email saya. siapa tahu saya gak sempet mampir ke blog inunkz…🙂

  3. “Penting: hasil dari hitungan rumus tersebut tidak maksimal,jadi harus dilakukan tuning dahulu dengan mengurangi alumunium foil 1cm-hingga benar2 dapat signal yang fokus. hasil dari tuning wajan saya 8cm.”

    Mas cara tuningnya itu waktu antenanya masih dibawah apa sudah dipasang ke tiang? kan kalo sudah dipasang agak repot, sedangkan kalau masih dibawah kurang maksimal nangkap sinyalnya?

    • ya inilah bagian tersulit dan terlelah dari tuning,haha… ya tuningya(klo sya g motong alumunium foilnya,tp menggeser paralon tp asal jgn lepas aja) dbawah dulu lalu dnaikkan keatas tiang,klo kurg pas turunin lg dst…emg agak repot sich..namanya juga buat sendiri ttep semangat pasti puass klo signalnya yg letangkep bagus g sia2 naek turunin wajan..haha🙂

  4. jarak USB Wifi dengan tepi ujung berapa gan? n mampu nyambung jarak berapa yang masuk ke wifinya juragan? sebelumnya terimakasih pencerahannya….

  5. gan,,, ijin tanya nech. rumah ane kan deket kantor (kurang dari 400meter) yg ada wifi pake router TP LINK TD W8101G klo bikin wajanbolic pake TP-LINK TL-WN422g kira kira nyampe ga tu sinyal?? maksudnya cocok ga tu wifinya?? sebelum ane beli TP-LINK TL-WN422g biar ga sia sia soalnya pake bawaan wifi notebook ga ke detec paling cuma 50 meter baru bisa,,, tolong pencerahanya

    • yg ada wifi pake router TP LINK TD W8101G (ini AP nya kantor yah??) 400m itu loss apa ngga??(ga ada pohon / rumah)
      kalo loss 400m sich pakai kaleng (bekas biscuit khongguan) aja sob, tinggal masukin antenanya didalem kaleng. uda ada ko di blog ini tinggal contohin aja. semoga membantu🙂

  6. thanx gan,,, ne ada problemo lagi sinyal kan dah dapet pake tplink wn422g,, tapi kok ga mau pake mozilaa(browser) e ga taunya harus masukin IP Adress.. gimana ya caranya biar settingan tplink422g seperti bawaan notebook tinggal masukin pasword aja, ga usah pake IP adress segala. tolong ya gan

  7. thanx gan,,, ne ada problemo lagi sinyal kan dah dapet pake tplink wn422g,, tapi kok ga mau pake mozilaa(browser) e ga taunya harus masukin IP Adress.. gimana ya caranya biar settingan tplink422g seperti bawaan notebook tinggal masukin pasword aja, ga usah pake IP adress segala. tolong ya gan soalnya di sebelah tempat ane ada AP yg kebetulan ada bocoran paswordnya

    • hmmm…emang masukin IP adressnya di mozilla ??(aneh)haha😀
      lewat control panel->network and internet->network connection->plih yang punya wn422g->properties->internet protocol v4(TCP/IPv4)->properties->plih yang automatic aja IP&DNS nya.
      semoga membantu😉

  8. Asalamualaikum mas Brow…, Mau tanya gimana ko bisa berhasil naikin antena wajan Bolik pake kabel UTP tinggi 10 m+ USB power injektor dengan Wireless WN422G aku bikin persis kayak punya mas brow tapi usb nda ndetek, kabel 10 m nda kedetek itu gimana ya brow. tolong di bantu mas brow….Trimakasih…..

    • wa’alaikumsallam…
      nah ini nih…yang repot, situ pake LAPTOP apa PC?

      masalahnya bisa:
      1.kabel UTP nya kualitas jelek, cari yang bagus yang ga banyak hambatannya.
      2.tiap PC/Laptop itu beda2 ada yang mau sampe 10m ada yang ngga(pengalaman saya), saya pernah bikin mentok itu 15m, itupun bisa d 1PC doank! ampunn…bisa kalau pake USB injektor tapi putus nyambung gitu(kadang detek kadang engga)
      3.cek solderan mu bro, mungkin ada yang g beres
      4.solusi terakhir potong dikit-dikit 1/2 meter aja,kalo ga detek potong lagi,, uda resiko emang g nyampe 10m ntar jadinya.hahha😀

      mungkin bisa membantu,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s